Mengatasi PPSSPP Has Stopped Working di PC

Saat ini banyak orang yang tergila – gila dengan game PSP. Ditambah berkat kemunculan emulator PPSSPP yang membuat game PSP bisa dimainkan dalam berbagai perangkat seperti PC, android maupun iOS. Akan tetapi penggunaan emulator PPSSPP tak selalu berjalan mulus dan lancar. Termasuk pemakaian emulator PPSSPP untuk bermain game PSP di PC.

Untuk kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengatasi PPSSPP has stopped working di PC. Saya memilih untuk mengangkat permasalahan ini karena pasti banyak diantara kalian yang pernah mengalami permasalahan tersebut. Untuk Anda yang masih bingung mencari solusinya atau belum tahu penyebabnya, mudah – mudahan artikel ini dapat memberikan pencerahan mengatasi permasalahan not responding atau has stopped working yang terjadi di PC Anda saat memainkan game PPSSPP.

Penyebab PPSSPP Has Stopped Working / Force Close

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan PPSSPP has stopped working di PC Anda ketika menjalankan game PSP. Tentu Anda akan merasa jengkel saat tengah seru – serunya bermain mendadak game PPSSPP yang berjalan dihentikan dengan paksa oleh sistem windows Anda. Atau yang lebih dikenal dengan not responding dan muncul has stopped working. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dan cara mengatasi PPSSPP has stopped working di PC:

  1. Spesifikasi Laptop

Ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan cukup vital. Spesikasi perangkat PC yang Anda gunakan sangat berpengaruh besar terhadap kelancaran Anda memainkan game PPSSPP. Ada spesifikasi minimum yang harus dimiliki oleh perangkat PC Anda jika ingin dapat memainkan game PSP menggunakan emulator PPSSPP. Spesikasi minimum tersebut yakni:

  • Processor PC

Untuk sektor ini minimum PC Anda harus sudah dibekali dengan processor @1.60 Ghz. Sangat disarankan untuk menancapkan processor di atas itu guna meminimalisir terjadinya permasalahan saat bermain game PPSSPP lewat PC Anda.

  • RAM

Untuk urusan RAM, PC yang Anda gunakan harus memiliki ukuran minimum 1 GB. Akan lebih bagus jika Anda menancapkan ukuran RAM di atas spesifikasi minimum yang disarankan tersebut.

  • VGA

Kendati masih belum dipastikan kebenarannya, namun yang berkembang adalah PC untuk bermain game PPSSPP harus memiliki ukuran minimal 64 MB. Lebih aman lagi jika kita menancapkan ukuran di atasnya.

Gambaran di atas adalah ukuran minimum yang harus dimiliki oleh PC untuk memainkan game PPSSPP. Namun tidak ada salahnya kalau Anda memiliki PC dengan spesifikasi tingkat dewa dikarenakan akan semakin memudahkan (lebih bebas) dalam pengaturan emulator PPSSPP itu sendiri.

  1. Memaksa RAM Bekerja Maksimal

Hal ini secara tak sadar kerap kita lakukan. Kita sering menjalankan jendela aplikasi yang terlalu banyak saat membuka PC. Hal ini ternyata bisa membuat PPSSPP stopped working di PC Anda karena game PSP yang dimainkan di PC membutuhkan kapasitas RAM yag besar. Jika RAM dipakai untuk banyak aplikasi otomatis tak akan mencukupi dan berakhir dengan not responding….

  1. Buruknya Jaringan Wireless

Untuk mengatasi permasalahan yang satu ini cukuplah mudah. Anda hanya tinggal mencari jaringan yang lebih besar untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, tak ada cara untuk mengatasi permasalahan ini.

  1. Setting emulator PPSSPP

Permasalahan not responding atau has stopped working yang terjadi pada PC Anda saat bermain game PSP bisa jadi dikarenakan setting emulator PPSSPP yang salah atau tak sesuai. Akan tetapi hal ini tak akan begitu berpengaruh jika Anda memiliki spesifikasi PC yang besar. Untuk itulah disarankan menggunakan PC dengan spesifikasi tingkat dewa karena akan memberikan keleluasaan dalam settingan emulator PPSSPP. Untuk yang PC-nya pas – pasan, Anda harus mengutak – atik settingan emulator PPSSPP agar menemukan settingan yang tepat. Yang perlu disesuaikan ada pada sektor graphics dan system supaya tidak terlalu berat dijalankan pada PC yang pas – pasan.

  1. Tak Menjalankan Dengan Run As Administrator

Anda lebih baik menjalankan game PPSSPP dengan Run As Administrator dimana hal ini berarti Anda menjalankan program ini dengan berstatus sebagai admin/system. Hal ini tentu saja akan berbeda jika Anda menjalankan aplikasi PPSSPP secara biasa atau sebagai user. Dengan bekerja di Run As Administrator berarti Anda memberikan ijin kepada emulator PPSSPP yang dipakai untuk melakukan perubahan pada system OS Windows Anda sesuai yang dibutuhkan.

Demikianlah sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda mengatasi PPSSPP has stoped working di PC ketika menjalankan game PSP dengan menggunakan emulator PPSSPP. Akhirnya selamat mencoba tutorial yang saya berikan ini dan semoga dapat bekerja dengan sukses. Tak ada kata menyerah untuk bermain game PSP dengan emulator PPSSPP karena setiap masalah pasti ada solusinya. Salam game PSP para gamers.

2 Comments

Leave a Reply