Cara Mudah Mengatasi PPSSPP Force Close Android

Tipsdroidmax.com | Cara Mudah Mengatasi PPSSPP Force Close Android Kini bermain game PSP semakin mudah berkat adanya emulator PPSSPP. Dengan hanya bermodalkan smartphone android kita sudah dapat bermain game PSP kapan saja dan dimana saja. Dengan banyaknya pilihan game yang tersedia membuat Anda bebas untuk memilih game favorit yang dimainkan dengan berbagai kategori game.

 

Namun sayangnya berbagai kemudahan yang diberikan emulator PPSSPP tidak semua menikmatinya. Pengalaman di lapangan menunjukkan jika tak jarang orang yang merasa frustasi karena berbagai permasalahan yang muncul ketika menjalankan game PPSSPP di android mereka. Salah satu masalah yang kerap menghantui adalah force close. Siapa yang tidak akan merasa jengkel ketika asyik bermain game PSP malah ngadat dan berhenti sendiri. Banyak orang yang belum tahu cara mengatasi PPSSPP force close android.

Selain bermacam keunggulan yang ditawarkan, tak bisa dipungkiri setiap aplikasi memang pasti mempunyai kekurangan termasuk emulator PPSSPP. Masalah force close atau keluar sendiri salah satu masalah yang sering membuat jengkel para user. Masalah force close akan memunculkan pesan pemberitahuan yang bisa berbeda – beda. Pesan eror yang biasanya muncul adalah “PPSSPP has stopped working”, “PPSSPP not responding”, “Force Close”, “Unfortunately, PPSSPP has stopped” serta lain sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya PPSSPP force close di android:

  1. Terlalu memaksakan untuk bermain game tertentu.
  2. Tidak mempertimbangkan kapasitas dan spesifikasi smartphone android yang dimiliki
  3. Menjalankan game yang terlampau berat sehingga menguras banyak RAM android Anda.

Dalam artikel ini saya akan mencoba mengupas langkah – langkah untuk mengatasi PPSSPP force close android. Saya berharap penjelasan singkat yang saya berikan akan dapat membantu Anda mengatasi force close android saat memainkan game PSP dengan emulator PPSSPP.

Berikut ini sejumlah langkah – langkah untuk mengatasi PPSSPP force close android yang terjadi pada smartphone Anda.

Mengatasi PPSSPP Force Close Android

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ambil ketika mengalami masalah PPSSPP force close android sebagai solusi untuk mengatasi kejengkelan Anda.

  1. Uninstal Android system webview

Pada langkah ini tak lantas berarti kita menghapus android system webview hingga benar – benar hilang dari android kita. Yang dilakukan hanyalah menghapus update agar aplikasi restart kembali seperti pada awal pertama kali kita memegang smartphone tersebut. Caranya pun cukup mudah dan tak terlalu ribet. Berikut cara untuk melakukannya:

  • Buka menu pengaturan android
  • Setelah itu pilih manajer aplikasi
  • Selanjutnya klik android system webview
  • Kemudian dilanjutkan dengan pilih tombol hapus pembaruan
  • Selesai dan selamat mencoba
  1. Paksa berhenti lalu hapus data

Langkah ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan reset pengaturan serta menghapus data yang tersimpan pada emulator PPSSPP. Pengaturan pun akan kembali pada bentuk awal dan akan menghapus semua data game yang tersimpan. Untuk itu jangan lupa melakukan back up data pada setiap game yang terpasang untuk mengantisipasi resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan. Selain itu tentu sayang jika data game yang banyak akhirnya harus terhapus begitu saja. Caranya pun cukup gampang hampir sama dengan cara pertama. Berikut adalah cara untuk melakukan langkah kedua tanpa back up data:

  • Buka menu pengaturan
  • Dilanjutkan dengan pilih manajer aplikasi
  • Setelah itu klik pilihan PPSSPP
  • Kemudian dilanjutkan dengan klik paksa berhenti serta hapus data
  • Selesai dan selamat mencoba
  1. Meng-update aplikasi PPSSPP

Update atau pembaharuan yang dilakukan bertujuan untuk menaikkan versi aplikasi emulator PPSSPP yang digunakan. Pihak pengembang biasanya akan melakukan penambahan serta pengembangan fitur menjadi lebih bagus untuk memuaskan para penggunanya. Pada setiap versi baru pun akan selalu disertai perbaikan pada sektor bux fixing serta keamanan. Selalu melakukan update ke versi terbaru diharapkan bisa menjadi solusi permasalahan force close yang terjadi pada PPSSPP Anda.

  1. Lakukan downgrade PPSSPP

Para pemakai android kadang tak menyadari kalau aplikasi android sebetulnya dapat ter-update otomatis secara default pada pengaturan play store. Permasalahannya adalah hal ini dapat mengganggu kinerja aplikasi tersebut jika tak sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda. Solusinya adalah Anda harus menghapus game PPSSPP tersebut dan melakukan instalasi ulang versi PPSSPP dibawahnya. Tidak usah heran jika cara ini ampuh untuk mengatasi permasalahan force close yang terjadi karena memang tak semua smartphone mendukung aplikasi dengan pembaharuan. Bisa jadi versi lama lebih kompatibel dengan spesifikasi smartphone Anda.

  1. Mengatur settingan

Melakukan pengaturan setting merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan jika ingin game PPSSPP berjalan mulus tanpa lag di smartphone Anda. Hal ini juga sebagai langkah antisipasi terjadinya eror pada aplikasi PPSSPP. Anda bisa melakukan eksplorasi terkait settingan yang cocok dengan smartphone Anda dan game tersebut. Bisa juga dengan sharing dan rekomendasi dari pemain lain.

 

Leave a Reply