Cara Mengatasi PPSSPP Keluar Sendiri

Bermain game PSP di Android dengan menggunakan emulator PPSSPP memang tengah populer saat ini. Sebuah angin segar bagi para gamers pecinta game PSP karena dengan hanya bermodalkan perangkat Android maka sudah bisa memainkan berbagai macam game PSP favorit dengan berbagai kategori. Emulator PPSSPP memang menjadi sebuah terobosan besar dalam dunia game khususnya game PSP karena semakin memudahkan para pemainnya dalam pemilihan perangkat bermain.

 

Namun bermain game PSP dengan emulator PPSSPP tak selamanya memberikan pengalaman yang mengasyikkan. Sebagian orang kerap mendapatkan pengalaman yang kurang mengenakkan saat bermain game PSP dengan emulator PPSSPP. Salah satu hal menjengkelkan yang sering dikeluhkan adalah terjadinya force close atau keluar sendiri. Siapa yang tidak jengkel saat tengah seru bermain game tiba – tiba keluar sendiri?

Oleh karena itu saya akan membagikan sebuah trik yang terbukti jitu untuk mengatasi PPSSPP keluar sendiri. Dalam sejumlah kasus, biasanya masalah seperti ini akan muncul pesan eror yang berbeda untuk tiap pengguna emulator PPSSPP. Pesan eror yang sering muncul umumnya adalah  bisa “Unfortunately, PPSSPP has stopped”, “PPSSPP has stopped working”, “Force Close”, “PPSSPP not responding” dan lain sebagainya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab serta cara mengatasi PPSSPP keluar sendiri.

Penyebab PPSSPP Keluar Sendiri atau Force Close

Berdasar pengalaman pada beberapa kasus yang terjadi, permasalahan eror ini biasanya tak selalu terjadi pada tiap game yang dimainkan. Eror biasanya hanya terjadi pada beberapa game saja. Hal ini dikarenakan yang menjadi penyebab utamanya sebenarnya adalah game yang terlampau berat serta menguras banyak RAM smartphone Android Anda. Game yang terlalu berat dan mengkonsumsi banyak RAM dapat menjadi pemicu munculnya masalah – masalah tersebut. Hal ini dikarenakan kurang memperhatikan spesifikasi smartphone yang dipakai atau mungkin terlalu ingin memaksakan untuk memainkan game tertentu. Hal ini akhirnya menyebabkan smartphone Android menjadi lelet seperti keong serta timbul lag waktu bermain.

Tips Mengatasi PPSSPP Keluar Sendiri di Android

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang terjadi pada emulator PPSSPP Anda:

  1. Paksa berhenti serta hapus data

Tips pertama ini dimaksudkan untuk mereset ulang serta melakukan penghapusan data pada PPSSPP yang telah tersimpan. Hal ini bertujuan supaya semua pengaturan kembali pada bentuk awal serta menghapus data game yang ada.  Untuk itu jangan sampai lupa mem-back up setiap game PSP yang ada di smartphone Anda. Untuk melakukannya Anda tinggal mengikuti langkah – langkah berikut: Pengaturan – manajer aplikasi – PPSSPP. Lalu klik Paksa berhenti dan hapus data.

  1. Uninstall Android System WebView

Jangan sampai diartikan kita akan menghapus Android System WebView hingga benar – benar hilang dari smartphone. Yang dimaksudkan disini adalah menghapus update yang telah dilakukan dengan tujuan supaya aplikasi kembali seperti bentuk awal ketika baru membeli smartphone. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut: pengaturan – manajer aplikasi – android system webview lalu meng-klik pilihan “hapus pembaruan”.

  1. Menyesuaikan settingan

Anda harus melakukan penyesuaian settingan supaya game PSP dapat dimainkan dengan lancar tanpa terjadi lag di smartphone Android Anda. Untuk mengetahui settingan terbaik bisa dengan cara rekomendasi dari teman atau dengan melakukan sejumlah eksplorasi sendiri.

  1. Meng-update aplikasi PPSSPP

Jangan sampai lupa untuk terus melakukan pembaruan pada emulator PPSSPP di Android Anda. Pastikan Anda selalu menggunakan emulator PPSSPP terbaru untuk memainkan game PSP di perangkat Android Anda. Hal ini dikarenakan biasanya para pihak pengembang tentu menambahkan fitur, bug fixing serta faktor keamanan yang lebh baik. Dengan melakukan update diharapkan akan bisa mengatasi permasalahan game PPSSPP terkadang keluar sendiri.

  1. Downgrade aplikasi PPSSPP

Tips terakhir untuk mengatasi PPSSPP keluar sendiri atau force close adalah dengan memasang aplikasi PPSSPP dengan versi dibawah aplikasi saat ini. Hal ini lebih dikenal dengan istilah downgrade. Sebagian pengguna perangkat Android terkadang tak sadar jika aplikasi android dapat update otomatis secara default pada pengaturan aplikasi play store. Hal ini terkadang bisa menyebabkan aplikasi menjadi tidak sesuai lagi dengan spesifikasi smartphone yang ada. Untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang ada dan menginstall kembali aplikasi dengan versi dibawahnya.

Demikianlah sejumlah tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan PPSSPP keluar sendiri atau force close. Yang paling penting sebagai catatan adalah harus melakukan setingan yang tepat menyesuaikan spec smartphone yang digunakan. Dengan memperhatikan hal tersebut maka akan dapat meminimalisir terjadinya permasalahan pada emulator PPSSPP Anda. Atau jika tidak ingin repot adalah dengan memakai smartphone dengan spesifikasi yang cukup bagus dan besar baik dari segi ROM, RAM dan dapur pacunya sehingga akan membuat penggunanya leluasa dalam memasang aplikasi apapun yang diinginkan.

Leave a Reply