Cara Mengatasi PPSSPP Eror OpenGL 2.0

Bermain game PSP di laptop maupun smartphone Android memang cukup menyenangkan. Hal ini berkat hadirnya emulator PPSSPP yang memungkinkan para gamers memainkan berbagai macam game PSP dengan mudah via perangkat komputer dan smartphone Android.

Akan tetapi kemudahan ini bukannya tanpa masalah dan kendala sama sekali. Emulator PPSSPP memang sangat membantu para gamers untuk bermain game PSP, namun terkadang menggunakan emulator PPSSPP juga menjadi sebuah hal yang cukup menjengkelkan. Hal ini dikarenakan emulator PPSSPP terkadang juga memunculkan masalah baru. Banyak kejadian emulator PPSSPP tiba – tiba macet saat tengah asyik bermain game PSP. Siapa yang tak jengkel coba???

 

Salah satu permasalahan yang kerap muncul antara lain adalah “not support OpenGL 2.0”. Lalu kenapa kok bisa muncul eror OpenGL 2.0? Sebelum melangkah pada cara mengatasi PPSSPP Eror OpenGL 2.0, saya akan mencoba mengulas penyebab timbulnya permasalahan eror openGL yang terjadi di emulator PPSSPP Anda.

Penyebab PPSSPP Eror OpenGL 2.0

OpenGL sendiri merupakan sebuah sistem grafis yang berada pada driver vga yang kita pakai. Sistem ini berfungsi untuk menjalankan program yang memerlukan tampilan 3D. Dengan kata lain sistem OpenGL yang  berada pada driver VGA kita memiliki fungsi merubah tampilan grafis 2D menjadi bentuk 3D. Dari sini sudah dapat kita simpulkan jika permasalahan eror OpenGL 2.0 berasal dari fungsi VGA yang berada pada perangkat PC / laptopn kita. Oleh karena itu pembenahan yang dibutuhkan hanya sebatas pada permasalahan VGA.

Ada dua kemungkinan yang bisa menyebabkan terjadinya eror OpenGL 2.0. Yang pertama bisa karena VGA card tak support atau terlalu kecil untuk menjalankan game PPSSPP di PC / laptop kita. Jika ini yang terjadi maka hal yang harus kita lakukan adalah mengganti VGA card sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan atau malah lebih besar. Kemungkinan kedua bisa jadi karena driver VGA card kita yang butuh di update.  Jika permasalahan ini yang terjadi maka kita harus melakukan update pada driver VGA card yang dipakai pada PC / laptop kita. Sebagai catatan sebelum meng – update driver VGA card pastikan merk dan tipe VGA card yang digunakan pada PC / Laptop kita. Hal ini berguna untuk memudahkan dalam mencari jenis driver yang dibutuhkan karena setiap jenis VGA card memiliki driver yang berbeda – beda dan tidak compatible satu sama lain. Sampai disini sudah jelas kan? Ternyata eror OpenGL 2.0 bukanlah sebuah masalah yang bisa diatasi dengan mudah kan, yang penting Anda mau berusaha pasti semua ada solusinya.

Cara Melakukan Update Driver VGA Card

Bagi sebagian orang yang masih awam dengan perangkat komputer maupun laptop tentu masih bingung bagaimana langkah – langkah serta cara meng-update driver VGA Card pada PC / laptop mereka. Tidak usah khawatir karena caranya tidaklah sulit dan rumit sehingga membuat Anda harus memanggil tukang servis komputer untuk melakukan update pada driver card PC / laptop Anda.

Pertama Anda harus memastikan memiliki koneksi jaringan internet untuk mengunduh driver VGA card yang Anda butuhkan. Namun sebelum Anda mengunduh driver VGA card, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan tipe VGA card yang tertanam pada PC / laptop kalian. Tenaaaang…Anda tak harus membongkar PC / laptop kalian untuk sekedar mengetahui jenis dan tipe VGA card yang tertanam pada PC / laptop kalian. Jika harus membongkar tentu sangat ribet apalagi jika Anda menggunakan laptop. Bisa – bisa malah laptop Anda akan rusak jika salah atau Anda ngawur membongkarnya. Berikut ini cara mengetahui jenis dan tipe VGA card di PC / laptop Anda dengan mudah:

  • Mengetahui VGA card di program Windows XP

Untuk Anda yang masih menggunakan OS Windows XP pada PC / laptop kalian dapat mengikuti langkah – langkah sebagai berikut:

  1. Klik start > My computer klik kanan > kemudian pilih menu properties.
  2. Klik “Hardware” kemudian pilihlah tab > Device manager
  3. Berikutnya klik tanda ‘+’ yang berada di samping “adapter tampilan” untuk memperluas
  4. Anda akan menemukan nama yang tercantum pada bawah “adapters tampilan”. Itu merupakan jenis dan tipe VGA card yang digunakan pada PC / laptop kalian.
  • Mengetahui VGA card pada program Windows Vista / Windows 7

Bagi Anda yang memakai OS Windows Vista / Windows 7 pada perangkat PC maupun laptop bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Klik start > “Computer” klik kanan > pilih menu “properties”.
  2. Lalu klik “device manager” pada sisi kiri jendela.
  3. Klik dua kali pada “adapter” untuk membuka isinya.
  4. Nama yang Anda temukan pada bawah “adapters” adalah jenis dan tipe VGA card yang digunakan PC / laptop kalian.

Setelah mengetahui VGA card yang digunakan kalian tinggal meng-update lewat situs resminya misalnya Intel, NVidia atau AMD.

Leave a Reply